Minggu, 29 Januari 2012

Selalu Berawal Dari Langkah Pertama Untuk Perjalanan Panjang

Pernah berpikir bagaimana proses kehidupan ini bisa terjadi? Yaps, langkah pertama untuk mengawali terjadinya proses kehidupan pastilah ada, sebab tanpa adanya langkah pertama tentu saja proses kehidupan yang seperti sekarang tidak mungkin ada. Termasuk Anda yang sedang membaca tulisan ini, jika seandainya Tuhan tidak pernah mengawali langkah pertamanya untuk menciptakan kehidupan, maka Anda sekarang tidak mungkin sedang membaca tulisan ini, benar kan? 

Berhubungan dengan langkah pertama ini, yang mana sebagai tindakan pertama kali dari setiap usaha kita untuk mendapatkan sesuatu, sudah sepantasnya kita menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini tidak mungkin bisa terjadi atau ada jika tidak ada usaha untuk mengawalinya. Seperti yang diilustrasikan pada paragraf pertama di atas, berkat langkah atau usaha yang Tuhan pertama kali lakukan, maka terciptalah kehidupan ini.

Lalu apa hubungannya dengan kita? Hubungannya tentu saja terletak pada berbagai keinginan kita akan suatu hal. Jika dicontohkan, maka kita bisa mengambil ilustrasi pada keinginan para pencandu narkoba yang sebenarnya memang ingin terlepas dari jeratan barang haram itu, tapi karena efek narkoba yang mungkin benar-benar mampu membekukan pikiran para pencandunya, maka para pengguna narkoba pun seakan tidak bisa berkutik oleh akibat narkoba itu.

Jika memang benar-benar ingin terlepas dari jeratan barang haram itu, maka kita harus mengambil langkah pertama kita untuk berusaha dalam melepaskan diri dari jeratan narkoba itu, karena jika kita tidak pernah mau mengawali usaha kita dalam melepaskan diri dari jeratan narkoba dengan langkah pertama, maka juga tidak akan pernah ada langkah yang ke-2, ke-3, dan langkah-langkah yang selanjutnya. Betul tidak?

Memangnya apa salahnya sih berusaha untuk mengambil tindakan atau langkah pertama? Sesuai dengan kenyataan memang, bahwasanya dalam mengambil langkah yang pertama itu biasanya sulit, karena memang diperlukan usaha ekstra untuk melakukannya.

Tapi tentu saja, sesuai dengan tulisan saya yang terdahulu tentang bisa karena terbiasa, maka jika sudah biasa akan menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan, karena memang efek dari kebiasaan itu. Selain itu juga karena sifat manusia itu yang mana sebagai makhluk pembelajar, jika sudah terbiasa maka akan mudah baginya untuk melakukannya. Tapi lagi-lagi kita juga harus mengawalinya dengan langkah pertama.

Seperti yang sudah saya tuliskan pada judul di atas, bahwa untuk setiap perjalanan panjang, pasti akan selalu diawali dengan langkah pertama. Jelas tidak mungkin, tanpa adanya langkah kaki yang pertama kali ditapakkan bisa sampai pada suatu tujuan dari perjalanan panjang itu sendiri, iya toh?

Makhluk gaib yang bisa menghilang saja perlu melakukan tindakan pertama untuk bisa berteleportasi dari satu tempat ke tempat yang lain, tindakan apa itu? Yang jelas saya tidak tahu tindakan seperti apa itu, karena memang saya bukanlah makhluk gaib yang juga bisa menghilang, tapi yang jelas pasti tetaplah ada tindakan atau langkah pertama kali yang harus mereka lakukan agar bisa berteleportasi.

Kita yang sebagai manusia biasa maka juga harus bisa menapakkan langkah pertama kita sebagai awal dari perjalanan panjang kita dalam meraih suatu tujuan tertentu. Masa depan tidak mungkin bisa kita buat indah, jika saat ini saja tidak adalangkah pertama kali yang kita ciptakan untuk membuat masa depan kita menjadi indah. Setuju? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar