Rabu, 25 Januari 2012

Cara Mengatasi Masalah Secara Efektif

                Berikut adalah cara yang efektif dalam mengatasi masalah yang menimpa kita, entah masalah pribadi atau masalah pekerjaan atau masalah lain yang kita hadapi :

1. Mencari akar permasalahan
Kadang, ketika masalah datang, kita justru fokus pada efek dari masalah tadi, bukan fokus pada penyebab masalahanya dimana, kadang solusi akan cepat ditemukan ketika akar permasalannya ditemukan.

2. Jika masalah tersebut berhubugan dengan orang lain, diskusikan
jika masalah yang kita hadapi  masih ada hubungan dengan orang lain, akan lebih baik kita diskusikan baik baik, kalau itu masalah pribadi, bisa kita diskusikan 4 mata ditempat yang tenang dan Jangan lupa  bawa golok . Ajak aja pihak yang bermasalah dengan kita makan bersama dan membicarakan masalah yang dihadapi.

3. Jujur, tenang dan bertanggungjawab
Ketika kita mengalami masalah,  yang perlu di lakukan adalah, kita harus jujur kepada diri kita sendiri dan ketika kita menyampaikan kepada orang yang bermasalah dengan kita kita harus tenang dan bertanggung jawab terhadap resiko yang akan muncul, misal masalah pekerjaan, kita harus jujur kepada atasan kita tentang progress pekerjaan kita, jika kita tidak jujur kepada atasan baik masalah project atau progress pekerjaan kita sendiri, siap siap saja menunggu masalah dan resiko yang lebih besar.

4. katakan mampu jika mampu dan katakan TIDAK MAMPU jika kita tidak  mampu
bonek alias modal nekat banyak dilakukan banyak orang, ketika mereka di beri tugas/pekerjaan mereka akan selalu bilang bisa, yang pada akhirnya mereka kerepotan sendiri ketika tugas tersebut dilaksanakan. Jujur ketika diberi tugas dengan kemampuan, waktu dan tenaga kita akan membuat kita terhindar dari masalah, jika anda sudah terlanjur mengatakan mampu dan ternyata tugas yang diberikan tidak sesuai dengan yang ada dalam bayangan kita, bicarakan dengan baik baik dan berikan atasan penjelasan yang rasioanal.

5.  Pengalamaan permasalahan  adalah guru yang paling baik
Jika ada pepatah yang bilang bahw pengalaman adalah guru yang paling baik untuk perkara umum, maka permasalahan adalah guru yang paling baik untuk mendewasakan diri kita.  Siapa yang hidup tanpa masalah? bisa tunjukan jari? saya yakin tidak ada yang bebas dari masalah, namun dengan banyaknya masalah yang kita hadapi akan menjadikan kita lebih dewasa dan lebih tenang  dalam menghadapi masalah sejenis di masa yang akan datang.

Selamat menambahMenyelesaikan masalah!

Sumber : http://jejakcandra.wordpress.com/2010/07/06/cara-mengatasi-masalah-secara-efektif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar